Kamis, 10 Maret 2011

Jalan-Jalan Ke Gunung Betung

suasana betung pagi hari berkabut
Mungkin bagi sebagian masyarakat lampung atau khususnya para penggiat alam bebas sudah tak asing lagi mendengar yang namanya gunung Betung. Gunung Betung merupakan salah satu jejeran pegunungan yang berada di kabupaten Pesawaran atau yang dulunya masih bergabung dengan kabupaten Lampung Selatan.
Gunung Betung merupakan tempat favorit berkemah ataupun mendaki oleh masyarakat di daerah Lampung,karena trek nya yang tidak terlalu sulit bagi para pemula yang baru belajar mendaki gunung, selain itu akses ke sana mudah dijangkau. Dari B.Lampung kita bisa naik angkot dengan tarif  6000 rupiah sekali jalan. Dipinggir jalan besar jalur masuk nya sudah didirikan sebuah plang bertuliskan "Wisata Air Terjun Gunung Betung" , .


tampak dari jauh
Kita juga bisa menggunakan motor dan dititipi di sekretariat Pesawaran Adventure Community atau dirumah-rumah penduduk sekitar tentu nya dengan tarif tak menentu tergantung nego tarif antara 5000-10.000 per-malam
Saat sabtu-minggu gunung ini ramai sekali,banyak anak pecinta alam yang mengisi waktu libur disana,ada yang sekedar camping,mendaki,bahkan tak jarang ada juga yang mengadakan pendidikan dasar.
Karena sering mendadak terkadang saya tidak mempersiapkan secara matang perlengkapan yang saya bawa saat camping di gunung betung,tetapi saran saya jika kesana persiapkan alat-alat yang memadai,dikarenakan cuaca yang sering berubah dan tak jarang banyak juga pendaki yang menyasar saat baru pertama kali kesana

Perkiraan jalan
B.Lampung-Pesawaran, desa Wiyono sekitar 1 jam naik angkot
Desa Wiyono-air terjun sekitar 2,5 jam jalan kaki
Air terjun-shelter atas sekitar 20 menit jalan kaki
Shelter atas-puncak betung sekitar 2 jam jalan kaki
Puncak Betung-makam keramat sekitar 10 menit jalan kaki

Tidak ada komentar: